Selasa, 17 April 2012

edukasi tekhnologi informasi: Upgrade menuju cusrom Chochobread...

edukasi tekhnologi informasi: Upgrade menuju cusrom Chochobread...

edukasi tekhnologi informasi: Upgrade menuju cusrom Chochobread...

Upgrade menuju cusrom Chochobread...


Malam hari ini ..disaat mata ini mulai mengkerut , mungkin karena sudah larut, di padu dengan perasaan yang kalut, dengan cemilan jruk purut, mulai deh muncul bau kentutt... hohoooo... udeh lah dariada makin ngaco mending langsung ajr simak cara upgrade hape andro ke cusrom chocobread..

Syarat-syarat .;
- hape nya udah instal cwm..
- minimal gb 234.
- mental agan ..! Jangan sampe dropp..! Hooooo
- oia.. donlot dulu file nya .. disini.. http://www.mediafire.com/?m5g7lw9npvlacag

- donlot cwm (bagi yg belom instal..) http://www.mediafire.com/download_repair.php?dkey=nb9exm4wmil&qkey=zb2xvhktd0xd7w0 Caranya...
- donlot file zip diatas..
- pindahin file td di sd card jangan di dalam folder ( biar mudah dicari )
- masuk ke recovry mode ( tekan tombol home & power )
- pilih wipe data chace- yes
- pilih wipe partision -yes
- pilih instal zip from sd
- pilih file chocobread yg td di donlot
- tunggu sampai proses complete..
- terus kembali wipe data chace..
- dan terakhir reboot..

Setelah reboot akan sedikit lama menunggu .. btuh skitar 2,3-5 menit hingga.. tampilan home muncul ..tentunya dengan tema chocobread..!!

Semuga berhasil & bermanfaat..


Note:
- dalam pengujian ane mggunakan galaxy mini..
- jika terjadi bootlop... krmbali ke recovry mode.. kemudian wipe data n chace..
- ktitik dan saran siap ditampung..:-)

Published with Blogger-droid v2.0.4

Senin, 16 April 2012

MATERI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Sistem terdiri dari komponen-komponen yang saling berkait dan bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan. Ada sistem konseptual ada sistem fisik , ada sistem terbuka ada sistem tertutup, dan ada sistem alamiah ada sistem yang dibuat manusia. Informasi merupakan proses lebih lanjut dari data dan mempunyai arti bagi pengguna untuk pengambilan keputusan. Informasi merupakan sumber daya konseptual; sumberdaya fisik: Manusia, uang, material dan mesin. Informasi dikategorikan: informasi strategis, informasi taktis dan informasi teknis. Sistem informasi adalah sistem yang dibuat manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi bagi pengguna. Sistem informasi manajemen mempunyai pengertian sebagai suatu metode formal untuk menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu bagi manajemen, yang diperlukan untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan memungkinkan fungsi-fungsi perencanaan, pengendalian dan operasional organisasi yang bersangkutan dapat dilakukan secara efektif. (Stoner JAF., 1991) Piramida Sistem Informasi Manajemen Menurut McLeod, sistem informasi manajemen sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Para pemakai membentuk suatu entitas organisasi formal perusahaan atau subunit dibawahnya. Informasi menjelaskan perusahaan mengenai apa yang telah terjadi dimasa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi dimasa datang. Informasi tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan kusus, dan output dari model matematika. Informasi digunakan oleh manajer atau non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen adalah Sistem informasi yang mampu memberikan informasi yang canggih dan cepat kepada seluruh bagian untuk memanage suatu organisasi agar tetap eksis. Kecenderungan utama dalam sistem informasi adalah kearah pengembangan kemampuan yang dimaksudkan untuk menampung penyesuaian terhadap perubahan organisasi yang cepat. Oleh sebab itu pimpinan harus membuat keputusan dengan cepat, dan terutama memperpendek waktu antara munculnya masalah manajemen dengan munculnya pemecahan yang memadai. Download Materi Sistem Informasi Manajemen disini

konsep dasar SIM

Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sistem Informasi Manajemen (SIM) dapat diartikan sebagai suatu alat yang mendukung para pengambil keputusan dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen( perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian), sedemikian rupa sehingga tercapai suatu keputusan yang didasarkan kepada pendekatan sistem. Laudon, mendefinisikan Sistem Informasi sebagai berikut: Information System: Interrelated components that collect, process, store, and disseminate information to support decision making, control, analysis, and visualization in an organization. Gordon B. Davis, mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen sebagai berikut: Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem manusia, mesin yang terintegrasi dalam menyediakan informasi untuk mendukung kegiatan-kegiatan operasi, manajemen dan pengambilan keputusan suatu organisasi. Jadi dapat diartikan, SIM adalah interelasi atau interaksi komponen komponen atau subsistem subsistem yang saling berhubungan dan terintegrasi dimana diperlukan suatu pengambilan (collect), proses (process), penyimpanan (store) dan diseminasi (diseminatin) informasi untuk mendukung pengambilan keputusan (decision making) serta pengawasan (control) dari organisasi. Sistem Informasi manajemen juga dapat menggambarkan visualisasi dari organisasi. Ada tiga aktifitas dalam SIM dalam memproduksi kebutuhan informasi suatu organisasi, yaitu masukan (input), proses (processing) dan keluaran (output). Sistem Informasi juga diperlukan umpan balik (feed back), dimana keluaran yang dikembalikan untuk membantu mereka dalam mengevaluasi atau mengkoreksi fase masukan. Saat ini banyak pimpinan yang menyadari bagaimana informasi dapat menunjang kompetisi di lingkungan usaha terutama dalam menghadapi era globalisasi yang tergantung bagaimana kemampuan mereka dalam menjalankan organisasi secara global. Hari ini, sistem informasi menyediakan komunikasi dan kekuatan analisa yang diperlukan suatu organisasi untuk penyelenggaraan perdagangan (trading) dan pengelolaan aktifitas atau usaha dalam sekala global. Secara umum komponen Sistem Informasi Manajemen terdiri dari: Perangkat Keras (hardware), Piranti Lunak (software), jaringan (networking), Data, Sumber Daya Manusia (Brainware), Prosedur (Procedure). Pembahasan lanjut apa dan bagaimana komponen SIM tersebut terintegrasi satu sama lain dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan.
Definisi SIM, Sistem Informasi Manajemen – Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya. Disamping itu, sistem informasi yang dimiliki seringkali tidak dapat bekerja dengan baik. Masalah utamanya adalah bahwa sistem informasi tersebut terlalu banyak informasi yang tidak bermanfaat atau berarti (sistem terlalu banyak data). Memahami konsep dasar informasi adalah sangat penting (vital) dalam mendesain sebuah sistem informasi yang efektif (effective business system). Menyiapkan langkah atau metode dalam menyediakan informasi yang berkualitas adalah tujuan dalam mendesain sistem baru. Sebuah perusahaan mengadakan transaksi-transaksi yang harus diolah agar bisa menjalankan kegiatannya sehari-hari. Daftar gaji harus disiapkan, penjualan dan pembayaran atas perkiraan harus dibutuhkan: semua ini dan hal-hal lainnya adalah kegiatan pengolahan data dan harus dianggap bersifat pekerjaan juru tulis yang mengikuti suatu prosedur standar tertentu. Pesan Sponsor Komputer bermanfaat utnuk tugas-tugas pengolahan data semacam ini, tetapi sebuah sistem informasi menajemen melkasanakan pula tugas-tugas lain dan lebih dari sekedar sistem pengolahan data. Adalah sistem pengolahan informasi yang menerapkan kemampuan komputer untuk menyajikan informasi bagi manajemen dan bagi pengambilan keputusan. Sistem informasi manajeman digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari. Lapisan keriga terdiri dair sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi utnuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat manajemen. Definisi sistem informasi manajemen, istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”. Konsep Dasar Informasi Terdapat beberapa definisi, antara lain : 1. Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. 2. Sesuatu yang nyata atau setengah nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian. Sebagai contoh, informasi yang menyatakan bahwa nilai rupiah akan naik, akan mengurangi ketidakpastian mengenai jadi tidaknya sebuah investasi akan dilakukan. 3. Data organized to help choose some current or future action or nonaction to fullfill company goals (the choice is called business decision making) Fungsi / Manfaat Sistem Informasi Manajemen Supaya informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajamen, maka analis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya, yaitu dengan mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat (level) manajemen dan tipe keputusan yang diambilnya. Berdasarkan pada pengertian-pengertian di atas, maka terlihat bahwa tujuan dibentuknya Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik yang meyangkut keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis. Sehingga SIM adalah suatu sistem yang menyediakan kepada pengelola organisasi data maupun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi. Beberapa manfaat atau fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut: 1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi. 2. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis. 3. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif. 4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi. 5. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi. 6. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru. 7. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem. 8. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka. 9. Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.

Selasa, 10 April 2012

Aplikasi Android yang berfungsi baik di jaringan GPRS



Siang menjelang sore .. waktu menunjukan pukul 15.54 WIB. Di saung tempat saya bernaung, bersama asa yang menggunung ,terbiasa merenung berjalan melalui varis lengkung ..walau setiap hari cuma makan kangkung yang dicampur ama tepung diiringi alunan angklung.. alhamdulillah masih belum linglung.. STOP !!! Apaan neh mulai ngaco..?? :-D
Daripada makin gg karuan langsung aje lah kita ke laptop..

Android.. ?? Gg bosen-bosen lah ngomongin OS yang satu ini .. kali ini gue mau share aplikasi di android terutama untuk online.. kaya aplikasi sosial, browser atau aplikasi lain yang btuh jaringan internet.. buat lo..lo... yang lingkungan nye gg trjangkau jaringan 3g.. mengalami kesulitan menjalankan aplikasi yg "berat"..jan pada mewek meratapi nasib.. berikut daftar aplikasi yang berjalan baik di low network (gprs/ edge)

Kategori browser..
1. Opera Mini


Gag bakal ada yang protes deh.. gue pajang ni aplikasi browser di nomer satu.. kerana app ini.. berfunsi sangat2 baik di jaringan gprs.. namun bukan tanpa kekurangan karena briwser ini tdk mendujung flash... dan untuk para blogger mubmbgkin hrus menelan kekecawaan .. karena disini kita sangat sulit buat ngepost..

2. Dolphin BROwser mini


Browser yang satu ini juga berjalan dgn ckup baik..dlm gprs tentunya dengan sdikit bersabar karena prosesnya tdk secepat Opmin.. namun tak sperti Opmin aplikasi ini mendukung flash.. kalian juga bisa mnggonta ganti tampilan.. menjdi tampilan iphone , ipad dll.

Kategori social
1. Uber Social
2. Friendcaster pro
3. Twitdeck
4. Twitcaster
Sebenernye sih untuk kategori ini hampir smuanya bisa brjalan baik dlm gprs namun tidak untuk facebook for android .. soalnye ni aplikasi berat... dan sgt tidak disarankan dijalankan di jaringan rendah.. karena akan merusak otak dan melemahkan sahwat ..:-P lol

Kategori lain-lain

halaman berikutnya->

Published with Blogger-droid v2.0.4

Kamis, 05 April 2012

Tentang galaxy miniku

Galaxy mini... ponsel dengan OS
android.. bagi kalangan kelas
menengah ini sangat di
gandrungi masyarakat
indonesia.. bagaiamana tidak
dibalik harganya yanh ckup
terjangkau tersematkan .. body
dan spesifikasi yang
yahuuuuddd... terutama
sebelum kemunculan galaxy Y..
si galmin (sebutan untuk
galaxy mini) cukup
diagungkan dengan lebel smart
phone.. namun harga yg
terjangkau.. salut untuk
Samsung.
Dalam perkembanganya User
(pengguna) galmin, mulai
memanfaatkan os android yang
notabene adalah "open source" ..
yanh bisa dikembangkan lebih
jauh melebihi apa yang
ditawarkan oleh versi original
(default)..
Mungkin bagi para pengguna
OS android sudah akrab dengan
istilah Root (ngeroot) , yang
memang fungsinya sangat
global terutama untuk
mengembangkan apa yang ada
pada ponsel android tersebut.
Dimana user lebih leluasa
untuk mengotak-atik atau yg
lebih populer ''oprek" ponsel
yang menggunakan OS robot
hijau ini..
Kembali ke laptop..!(eh .. ke
judul maksud gue...) hoo...
berikut beberapa Screen shot
ponsel galmin gue yang sudah
melewati beberapa tahap dr
proses oprek guna
mengembangkan keemampuan
dan kualitas pada galmin... dari
mulai root, mengosongkan
memory internal, user interface
(tampilan) yang lebih greget,
overclock (penambahan
prosesor), menambah kapasitas
memory internal, hingga
menanamkan flash..
Berikut SS dan penjelasan ..
guna memotivasi anda untuk
tidak takut dengan yg
namanya "oprek" selama ..
prosesnya sesuai tutor yg ada..
Galaxy mini... ponsel dengan OS
android.. bagi kalangan kelas
menengah ini sangat di
gandrungi masyarakat
indonesia.. bagaiamana tidak
dibalik harganya yanh ckup
terjangkau tersematkan .. body
dan spesifikasi yang
yahuuuuddd... terutama
sebelum kemunculan galaxy Y..
si galmin (sebutan untuk
galaxy mini) cukup
diagungkan dengan lebel smart
phone.. namun harga yg
terjangkau.. salut untuk
Samsung.
Dalam perkembanganya User
(pengguna) galmin, mulai
memanfaatkan os android yang
notabene adalah "open source" ..
yanh bisa dikembangkan lebih
jauh melebihi apa yang
ditawarkan oleh versi original
(default)..
Mungkin bagi para pengguna
OS android sudah akrab dengan
istilah Root (ngeroot) , yang
memang fungsinya sangat
global terutama untuk
mengembangkan apa yang ada
pada ponsel android tersebut.
Dimana user lebih leluasa
untuk mengotak-atik atau yg
lebih populer ''oprek" ponsel
yang menggunakan OS robot
hijau ini..
Kembali ke laptop..!(eh .. ke
judul maksud gue...) hoo...
berikut beberapa Screen shot
ponsel galmin gue yang sudah
melewati beberapa tahap dr

proses oprek guna
mengembangkan keemampuan
dan kualitas pada galmin... dari
mulai root, mengosongkan
memory internal, user interface
(tampilan) yang lebih greget,
overclock (penambahan
prosesor), menambah kapasitas
memory internal, hingga
menanamkan flash..
Berikut SS dan penjelasan ..
guna memotivasi anda untuk
tidak takut dengan yg
namanya "oprek" selama ..
prosesnya sesuai tutor yg ada..
Tampilan home..
Penggunaan widget yg
dipadukan dengan cusrom
chocobread.. Galaxy mini... ponsel dengan OS
android.. bagi kalangan kelas
menengah ini sangat di
gandrungi masyarakat
indonesia.. bagaiamana tidak
dibalik harganya yanh ckup
terjangkau tersematkan .. body
dan spesifikasi yang
yahuuuuddd... terutama
sebelum kemunculan galaxy Y..
si galmin (sebutan untuk
galaxy mini) cukup
diagungkan dengan lebel smart
phone.. namun harga yg
terjangkau.. salut untuk
Samsung.
Dalam perkembanganya User
(pengguna) galmin, mulai
memanfaatkan os android yang
notabene adalah "open source" ..
yanh bisa dikembangkan lebih
jauh melebihi apa yang
ditawarkan oleh versi original
(default)..
Mungkin bagi para pengguna
OS android sudah akrab dengan
istilah Root (ngeroot) , yang
memang fungsinya sangat
global terutama untuk
mengembangkan apa yang ada
pada ponsel android tersebut.
Dimana user lebih leluasa
untuk mengotak-atik atau yg
lebih populer ''oprek" ponsel
yang menggunakan OS robot
hijau ini..
Kembali ke laptop..!(eh .. ke
judul maksud gue...) hoo...
berikut beberapa Screen shot
ponsel galmin gue yang sudah
melewati beberapa tahap dr
proses oprek guna
mengembangkan keemampuan
dan kualitas pada galmin... dari
mulai root, mengosongkan
memory internal, user interface
(tampilan) yang lebih greget,
overclock (penambahan
prosesor), menambah kapasitas
memory internal, hingga
menanamkan flash..
Berikut SS dan penjelasan ..
guna memotivasi anda untuk
tidak takut dengan yg
namanya "oprek" selama ..
prosesnya sesuai tutor yg ada..
 
Tampilan home..
Penggunaan widget yg
dipadukan dengan cusrom
chocobread..




Latar wats app.. dan penggunaan smart keyboard pro..


Tampilan menu .. dgn berbagai aplikaSi populer


Penggunaan gps yang akurat .  Meski dalam jaringan gprs.


Over clock ptoaesor hingga 803 mhz ..

<


Hasil brnchmark mgunakan antutu..(50% lebih baik dibandingkan sblom di oprek..)


Penggunaan  go launcher ex.. dgn latar batik dan icon iphone


Tampilan music power amp


Tampilan kontak..chocobread


Mrmory internal kian lega..walau di isi banyak aplikasi

Kelebihan lainya:
Tampilan lebih ajib.. transisi lebih smooth..
Jauh dr yg namanya force close
Tak ada masalah dengan penggunaan gme resolusi tinggi..sperti NFS atau PES 2012.
Tampilan dipenuhi waran hijau..
Dan madih banyak lagi ..kapan-kapan ane tambain bbrapa krlebihan lainya..
Untk kekurangan sampai saat ini belum merasakan.. hoooo...

Published with Blogger-droid v2.0.4

Apa itu Android ???



Menyikapi berbagai pertanyaan yang di layangkan kepada saya... tentang OS android.. apa itu android?? Bagaimana ?? Seperti apa ?? Dan seperti apasejarahnya.. ?? Akan dikumpas tuntas dalam posting .. dan di kupas secara tajam ..setajam silet..(ngawur.. hooo...)
Wokeh langsung saja.. kita ke laptop..!!

Apa itu Android ??Android adalah sistem operasi yang
berbasis Linux untuk telepon seluler
seperti telepon pintar dan komputer tablet .
Android menyediakan platform terbuka
bagi para pengembang untuk menciptakan
aplikasi mereka sendiri untuk digunakan
oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya,
Google Inc. membeli Android Inc.,
pendatang baru yang membuat peranti
lunak untuk ponsel. Kemudian untuk
mengembangkan Android, dibentuklah Open
Handset Alliance , konsorsium dari 34
perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan
telekomunikasi, termasuk Google, HTC,
Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile , dan
Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5
November 2007, Android bersama Open
Handset Alliance menyatakan mendukung
pengembangan standar terbuka pada
perangkat seluler. Di lain pihak, Google
merilis kode–kode Android di bawah lisensi
Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan
standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor
sistem operasi Android. Pertama yang
mendapat dukungan penuh dari Google atau
Google Mail Services (GMS) dan kedua
adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution

Sejarah Android
Kerjasama dengan Android Inc.
Pada Juli 2005, Google bekerjasama dengan
Android Inc., perusahaan yang berada di
Palo Alto, California Amerika Serikat. Para
pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di
antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick
Sears, dan Chris White. Saat itu banyak
yang menganggap fungsi Android Inc.
hanyalah sebagai perangkat lunak pada
telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor
bahwa Google hendak memasuki pasar
telepon seluler. Di perusahaan Google, tim
yang dipimpin Rubin bertugas
mengembangkan program perangkat seluler
yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini
menunjukkan indikasi bahwa Google sedang
bersiap menghadapi persaingan dalam pasar
telepon seluler.
2007-2008: Produk awal
Sekitar September 2007 sebuah studi
melaporkan bahwa Google mengajukan hak
paten aplikasi telepon seluler (akhirnya
Google mengenalkan Nexus One , salah satu
jenis telepon pintar GSM yang menggunakan
Android pada sistem operasinya. Telepon
seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation
dan tersedia di pasaran pada 5 Januari
2010).
Pada 9 Desember 2008, diumumkan
anggota baru yang bergabung dalam program
kerja Android ARM Holdings, Atheros
Communications, diproduksi oleh Asustek
Computer Inc , Garmin Ltd , Softbank, Sony
Ericsson , Toshiba Corp, dan Vodafone Group
Plc. Seiring pembentukan Open Handset
Alliance, OHA mengumumkan produk
perdana mereka, Android, perangkat bergerak
(mobile) yang merupakan modifikasi kernel
Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah
dilakukan berbagai pembaruan berupa
perbaikan bug dan penambahan fitur baru.
Telepon pertama yang memakai sistem
operasi Android adalah HTC Dream, yang
dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada
penghujung tahun 2009 diperkirakan di
dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis
telepon seluler yang menggunakan Android.

Android versi 1.1p
Pada 9 Maret 2009, Google merilis
Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi
dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam
alarm, voice search (pencarian suara),
pengiriman pesan dengan Gmail , dan
pemberitahuan email.
Android versi 1.5 (Cupcake)
Pada pertengahan Mei 2009, Google
kembali merilis telepon seluler dengan
menggunakan Android dan SDK (Software
Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake).
Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga
penambahan beberapa fitur dalam seluler
versi ini yakni kemampuan merekam dan
menonton video dengan modus kamera,
mengunggah video ke Youtube dan gambar
ke Picasa langsung dari telepon, dukungan
Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung
secara otomatis ke headset Bluetooth,
animasi layar, dan keyboard pada layar
yang dapat disesuaikan dengan sistem.
Android versi 1.6 (Donut)
Donut (versi 1.6) dirilis pada September
dengan menampilkan proses pencarian yang
lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan
baterai indikator dan kontrol applet VPN .
Fitur lainnya adalah galeri yang
memungkinkan pengguna untuk memilih foto
yang akan dihapus; kamera, camcorder dan
galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO,
802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech
engine; kemampuan dial kontak; teknologi
text to change speech (tidak tersedia pada
semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.
Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Pada 3 Desember 2009 kembali
diluncurkan ponsel Android dengan versi
2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan
adalah pengoptimalan hardware, peningkatan
Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan
browser baru dan dukungan HTML5 ,
daftar kontak yang baru, dukungan flash
untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan
Bluetooth 2.1.
Untuk bergerak cepat dalam persaingan
perangkat generasi berikut, Google melakukan
investasi dengan mengadakan kompetisi
aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi
unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000
bagi setiap pengembang aplikasi terpilih.
Kompetisi diadakan selama dua tahap yang
tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.
Dengan semakin berkembangnya dan
semakin bertambahnya jumlah handset
Android, semakin banyak pihak ketiga yang
berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka
kepada sistem operasi Android. Aplikasi
terkenal yang diubah ke dalam sistem
operasi Android adalah Shazam,
Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem
operasi Android dalam situs Internet juga
dianggap penting untuk menciptakan aplikasi
Android asli, contohnya oleh MySpace dan
Facebook.
Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2
(Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan
umumnya terhadap versi-versi sebelumnya
antara lain dukungan Adobe Flash 10.1,
kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5
kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript
engine yang dipakai Google Chrome yang
mempercepat kemampuan rendering pada
browser, pemasangan aplikasi dalam SD
Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel,
dan kemampuan auto update dalam aplikasi
Android Market.
Android versi 2.3 (Gingerbread)
Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3
(Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-
perubahan umum yang didapat dari Android
versi ini antara lain peningkatan kemampuan
permainan (gaming), peningkatan fungsi copy
paste, layar antar muka (User Interface)
didesain ulang, dukungan format video VP8
dan WebM, efek audio baru (reverb,
equalization, headphone virtualization, dan
bass boost), dukungan kemampuan Near
Field Communication (NFC), dan dukungan
jumlah kamera yang lebih dari satu.
Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android Honeycomb dirancang khusus untuk
tablet. Android versi ini mendukung ukuran
layar yang lebih besar. User Interface pada
Honeycomb juga berbeda karena sudah
didesain untuk tablet. Honeycomb juga
mendukung multi prosesor dan juga
akselerasi perangkat keras (hardware) untuk
grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan
menjalankan Honeycomb adalah Motorola
Xoom. Perangkat tablet dengan platform
Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia.
Perangkat tersebut bernama Eee Pad
Transformer produksi dari Asus . Rencana
masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.
Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream
Sandwich)
Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011,
membawa fitur Honeycomb untuk
smartphone dan menambahkan fitur baru
termasuk membuka kunci dengan pengenalan
wajah, jaringan data pemantauan penggunaan
dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial,
perangkat tambahan fotografi, mencari email
secara offline, dan berbagi informasi dengan
menggunakan NFC.

Fitur Andoid
Fitur yang tersedia di Android adalah:
Kerangka aplikasi: itu memungkinkan
penggunaan dan penghapusan komponen yang
tersedia.
Dalvik mesin virtual: mesin virtual
dioptimalkan untuk perangkat mobile.
Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D
berdasarkan pustaka OpenGL.
SQLite: untuk penyimpanan data.
Mendukung media: audio, video, dan berbagai
format gambar (MPEG4, H.264, MP3,
AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi
(hardware dependent)
Kamera, Global Positioning System (GPS),
kompas, dan accelerometer (tergantung
hardware)
Android bagi komunitas sumber terbuka
(open source)
Android memiliki berbagai keunggulan
sebagai software yang memakai basis kode
komputer yang bisa didistribusikan secara
terbuka ( open source ) sehingga pengguna bisa
membuat aplikasi baru di dalamnya. Android
memiliki aplikasi native Google yang
terintegrasi seperti pushmail Gmail , Google
Maps, dan Google Calendar.
Para penggemar open source kemudian
membangun komunitas yang membangun dan
berbagi Android berbasis firmware dengan
sejumlah penyesuaian dan fitur-fitur
tambahan, seperti FLAC lossless audio dan
kemampuan untuk menyimpan download
aplikasi pada microSD card. Mereka sering
memperbaharui paket-paket firmware dan
menggabungkan elemen-elemen fungsi
Android yang belum resmi diluncurkan
dalam suatu carrier-sanction firmware.. dan tentu dengan dengan persaingan yang begitu ketat.. kedepan akan lebih berkembang ..



Source : wikipedia
Published with Blogger-droid v2.0.4

Selasa, 03 April 2012

TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER

Lagi tugas ... kali ini saya posting artikel tentang topologi jaringan komputer..( matkul SIM.)

Topologi  menggambarkan  struktur  dari  suatu
jaringan  atau  bagaimana  sebuah jaringan
didesain. Pola ini sangat erat kaitannya dengan
metode access dan media pengiriman yang
digunakan. Topologi yang ada sangatlah
tergantung dengan letak geofrapis dari masing-
masing terminal, kualitas kontrol yang dibutuhkan
dalam komunikasi ataupun penyampaian pesan,
serta kecepatan dari pengiriman data. Dalam
definisi topologi terbagi menjadi dua, yaitu
topologi fisik (physical topology) yang
menunjukan posisi pemasangan kabel secara fisik dan topologi logik (logical topology) yang
menunjukan bagaimana suatu media diakses oleh host.
Adapun  topologi  fisik  yang  umum  digunakan
dalam  membangun  sebuah jaringan adalah :
Point to Point (Titik ke-Titik).
Jaringan kerja titik ketitik merupakan jaringan
kerja yang paling sederhana tetapi dapat
digunakan secara luas. Begitu sederhananya
jaringan ini, sehingga seringkali tidak dianggap
sebagai suatu jaringan tetapi hanya merupakan
komunikasi biasa. Dalam hal ini, kedua simpul
mempunyai kedudukan yang setingkat, sehingga
simpul manapun dapat memulai dan
mengendalikan hubungan dalam jaringan
tersebut. Data dikirim dari satu simpul langsung
kesimpul lainnya sebagai penerima, misalnya
antara terminal dengan CPU.

Ada beberapa macam bentuk Topologi jaringan komputer yaitu:
1. Star Network (Jaringan Bintang).
Dalam konfigurasi bintang, beberapa peralatan
yang ada akan dihubungkan kedalam satu pusat
komputer. Kontrol yang ada akan dipusatkan pada
satu titik, seperti misalnya mengatur beban kerja
serta pengaturan sumber daya yang ada. Semua
link harus berhubungan dengan pusat apabila
ingin menyalurkan data kesimpul lainnya yang
dituju. Dalam hal ini, bila pusat mengalami
gangguan, maka semua terminal juga akan
terganggu. Model jaringan bintang ini relatif
sangat sederhana, sehingga banyak digunakan
oleh pihak per-bank-kan yang biasanya
mempunyai banyak kantor cabang yang tersebar
diberbagai lokasi. Dengan adanya konfigurasi
bintang ini, maka segala macam kegiatan yang ada di-kantor cabang dapatlah dikontrol dan
dikoordinasikan dengan baik. Disamping itu,
dunia pendidikan juga banyak memanfaatkan
jaringan bintang ini guna mengontrol kegiatan
anak didik mereka.
#Kelebihan
·    Kerusakan pada satu saluran hanya akan
mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan
station yang terpaut.
·    Tingkat keamanan termasuk tinggi.
·    Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
·    Penambahan dan pengurangan station dapat
dilakukan dengan mudah.
Kekurangan·    Jika node tengah mengalami kerusakan, maka
aka seluruh jaringan akan terhenti.
Penanganan
·    Perlunya disiapkan node tengah cadangan.


Gambar 3.1 Topologi jaringan bintang (ada pada lampiran)

2. Ring Networks (Jaringan Cincin)
Pada jaringan ini terdapat beberapa peralatansaling dihubungkan satu dengan lainnya dan pada
akhirnya akan membentuk bagan seperti halnya
sebuah cincin. Jaringan cincin tidak memiliki
suatu titik yang bertindak sebagai pusat ataupun
pengatur lalu lintas data, semua simpul
mempunyai tingkatan yang sama. Data yang
dikirim akan berjalan melewati beberapa simpul
sehingga sampai pada simpul yang dituju. Dalam menyampaikan data, jaringan bisa bergerak dalam satu ataupun dua arah. Walaupun demikian, data yang ada tetap bergerak satu arah dalam satu saat.
Pertama, pesan yang ada akan disampaikan dari titik ketitik lainnya dalam satu arah. Apabila
ditemui kegagalan, misalnya terdapat kerusakan
pada peralatan yang ada, maka data yang ada akan dikirim dengan cara kedua, yaitu pesan kemudian ditransmisikan dalam arah yang berlawanan, dan
pada akhirnya bisa berakhir pada tempat yang
dituju. Konfigurasi semacam ini relative lebih
mahal apabila dibanding dengan konfigurasi
jaringan bintang. Hal ini disebabkan, setiap simpul yang ada akan bertindak sebagai komputer yang
akan mengatasi setiap aplikasi yang dihadapinya,
serta harus mampu membagi sumber daya yang
dimilikinya pada jaringan yang ada. Disamping itu,
sistem ini lebih sesuai digunakan untuk sistem
yang tidak terpusat (decentralized-system),
dimana tidak diperlukan adanya suatu prioritas
tertentu.


Gambar 8.2 Topologi jaringan cincin (ada pada lampiran)

3. Tree Network (Jaringan Pohon)
Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan
simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi
tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang
lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu
melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya
untuk bergerak dari komputer dengan node-3
kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar,
data yang ada harus melewati node-3, 5 dan
node-6 sebelum berakhir pada node-7.
Keungguluan jaringan model pohon seperti ini
adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang
dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh,
perusahaan dapat membentuk kelompok yang
terdiri atas terminal pembukuan, serta pada
kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan.
Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul
yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka
kelompok lainnya yang berada dibawahnya
akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja
jaringan pohon ini relatif menjadi lambat

Gambar 8.3 Topologi jaringan pohon (ada pd lampiran)

4. Bus Network
Konfigurasi lainnya dikenal dengan istilah bus-
network, yang cocok digunakan untuk daerah yang
tidak terlalu luas. Setiap komputer (setiap simpul)
akan dihubungkan dengan sebuah kabel
komunikasi melalui sebuah interface. Setiap
komputer dapat berkomunikasi langsung dengan
komputer ataupun peralatan lainnya yang terdapat
didalam network, dengan kata lain, semua simpul
mempunyai kedudukan yang sama. Dalam hal ini,
jaringan tidak tergantung kepada komputer yang
ada dipusat, sehingga bila salah satu peralatan
atau salah satu simpul mengalami kerusakan,
sistem tetap dapat beroperasi. Setiap simpul yang
ada memiliki address atau alam sendiri. Sehingga
untuk meng-access data dari salah satu simpul,
user atau pemakai cukup menyebutkan alamat dari
simpul yang dimaksud. Keunggulan topologi Bus
adalah pengembangan jaringan atau penambahan
workstation baru dapat dilakukan dengan mudah
tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan
dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di
sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan
akan mengalami gangguan.

Gambar 8.4 Topologi jaringan bus (ada pada lampiran)

5. Plex Network (Jaringan Kombinasi)
Merupakan jaringan yang benar-benar interaktif,
dimana setiap simpul mempunyai kemampuan
untuk meng-access secara langsung tidak hanya
terhadap komputer, tetapi juga dengan peralatan
ataupun simpul yang lain. Secara umum, jaringan
ini mempunyai bentuk mirip dengan jaringan
bintang. Organisasi data yang ada menggunakan
de-sentralisasi, sedang untuk melakukan
perawatan, digunakan fasilitas sentralisasi.
Gambar 8.5 Topologi jaringan kombinasi
Topologi Logik pada umumnya terbagi mejadi dua tipe, yaitu :a.    Topologi Broadcast
Secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu
host yang mengirimkan data kepada seluruh host
lain pada media jaringan.

b.    Topologi Token Passing
Mengatur pengiriman data pada host melalui
media dengan menggunakan token yang secara
teratur berputar pada seluruh host. Host hanya
dapat mengirimkan data hanya jika host tersebut
memiliki token. Dengan token ini, collision dapat
dicegah.
Faktor – faktor yang perlu mendapat pertimbangan
untuk pemilihan topologi adalah sebagai berikut :
·    Biaya
Sistem apa yang paling efisien yang dibutuhkan
dalam organisasi.
·    Kecepatan
Sampai sejauh mana kecepatan yang dibutuhkan
dalam sistem.
·    Lingkungan
Misalnya listrik atau faktor – faktor lingkungan
yang lain, yang berpengaruh pada jenis perangkat
keras yang               digunakan.
·    Ukuran
Sampai seberapa besar ukuran jaringan. Apakah
jaringan memerlukan file server atau sejumlah
server khusus.
·    Konektivitas
Apakah  pemakai  yang  lain  yang  menggunakan
komputer  laptop  perlu mengakses jaringan .





Published with Blogger-droid v2.0.4