Kamis, 20 Juni 2013

Soal dan Jawaban Ujian Akhir Semester

Soal dan Jawaban Ujian Akhir Semester
NAMA : T A M A
NPM : 221240110085
FAKULTAS AGAMA ISLAM
SEMESTER 6(non reguler)
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER

SOAL..
1. Apa definisi dai cloud computer?
2. Seberapa penting cloud computer bagi kita?
3. bagaimana prediksi anda tentang cloud computer di masa depan?

JAWABAN.
1. Pengertian Komputasi awan (cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). munurut fungsinya secara lebih sederhana cloud komputer dapat di artikan sebagai layanan untuk menyimpan data didalam internet. dimana untuk menggnakanya dibutuhkan akses internet.

2. jika dahulu sebuah kita perlu membeli hardware dengan kapasitas yang sangat besar dan tentu dengan harga yang sangat mahal untuk digunakan sebagai media penyimpanan data-data. Kapasitas yang besar tadi pun belum tentu terpakai semuanya, jika tidak terpakai semua maka hanya buang-buang tempat dan biaya.
Namun saat ini, dengan hadirnya teknologi cloud computing ini, perusahaan atau perorangan dapat menyimpan data-datanya di awan. Dengan memanfaatkan teknologi ini, kita bisa memesan space/kapasitas untuk penyimpanan data berdasarkan kebutuhan tanpa perlu repot membawa suatu alat dan tentu biaya. karena cloud computer dapat di dapat secara free tentunya dengan kapasitas yang terbatas. seperti pada google drive, dropbox dsb.

3. untuk Saat ini mungkin hanya beberapa kalangan saja yang sudah memanfaatkan teknologi ini, salah satunya adalah kalangan korporasi (itu juga baru beberapa). Tapi saya berkeyakinan bahwa kedepannya teknologi ini akan menjadi konsumsi semua kalangan, termasuk sampai kepada individu. karena kebutuhan penyimpanan data sangatlah diperlukan dan kebutuhan nya semakin meningkat, apalagi di dukung dengan smartphone yang terintegrasi dengan penyedia cloud sperti googledrive, dropbox dll.
namun bukan tanpa kekurangan dimana keamanan penimpanan berbasis cloud cukup riskan, namun dengan perkembangan teeknologi kedepan diharapkan keamanan dari teknologi ini semakin baik, walaupun tidak mengurangi ancaman dari para hacker / pencuri data yang selalu siap menembus sistem keamanan yang ada. oleh karena itu ini akan kembali kepada kita sebagai pengguna tentu dapat memilih dan menentukan untuk memanfaatkann teknologi yang secara cerdas dan sesuai kebutuhan.. be a smart user!




terima kasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar